" crossorigin="anonymous"> Contoh Jawaban Pertanyaan Pendampingan Individu 3 Guru Penggerak - guru grobogan

Contoh Jawaban Pertanyaan Pendampingan Individu 3 Guru Penggerak

Pendidikan merupakan pondasi utama pembangunan suatu bangsa. Untuk memastikan mutu pendidikan yang optimal, peran guru tidak bisa diremehkan. Di Indonesia, Program Guru Penggerak telah diperkenalkan sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kompetensi guru di tingkat sekolah dasar, menengah, dan menengah atas. Salah satu inisiatif yang mendukung keberhasilan program ini adalah Pendampingan Individu 3 (PI 3).

Pendampingan Individu( PI 3 ) merupakan program pendampingan yang difokuskan pada pengembangan kualitas individu dari para guru penggerak. Dengan tujuan utama untuk memperkuat kompetensi dan kapasitas mereka, PI 3 menawarkan pendampingan yang personal dan berkelanjutan, yang berbeda dengan pendekatan pelatihan massa yang lebih umum diimplementasikan.

Jawaban Pertanyaan Pendampingan Individu 3


PI.3.1. Langkah-langkah pendampingan

Bagian Awal Pendampingan (20’)

  1. Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak
  2. Menjelaskan tentang fokus pendampingan, PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.
  3. Pengajar Praktik memastikan Calon Guru Penggerak telah meng-input instrumen lembar umpan balik  (Lampiran 5) ke LMS s esuai dengan responden yang telah ditetapkan. 
  4. Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan sebelumnya, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan Jurnal Pemanatauan Pembelajaran Daring)
  5. Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak

 

Bagian Inti Pendampingan (145’)

  1. Refleksi hasil survei (umpan balik 3600) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak (45’)
    PP menggali CGP untuk menyampaikan hasil analisis dan refleksi dari umpan balik 3600 (Lampiran 2) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak. PP dapat memberikan pertanyaan lanjutan kepada CGP dengan memberikan pertanyaan pemantik berikut ini: 
    • Berdasarkan hasil feedback 3600 dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak, apa yang kurang baik/ perlu ditingkatkan menurut responden terhadap kompetensi bapak/Ibu? Jelaskan menurut masingmasing responden (kepala sekolah, rekan sejawat, dan murid)
    • Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk semakin mengasah kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?
    • Siapa saja yang akan Bapak/Ibu libatkan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak yang harus Bapak/Ibu miliki?
  1. Rencana penerapan pembelajaran sosial-emosional (45’)
    PP mengajak CGP berdiskusi terkait rencana penerapan pembelajaran sosial-emosional, gunakan pertanyaan pematik berikut sebagai panduan diskusi:
    • Apakah Bapak/Ibu sudah mempelajari Modul 2.2? Apa yang dipelajari pada modul tersebut ?
    • Apakah Bapak/Ibu sudah merencanakan pembelajaran sosial-emosional yang akan diterapkan dalam kelas Bapak/Ibu?
    • Jika sudah, seperti apa perencanaan yang sudah Bapak/ibu buat?
    • Apa harapan Bapak/Ibu setelah menerapkan pembelajaran sosial-emosional di kelas yang Bapak/Ibu ampu?
  1. Keterlaksanaan tahapan BAGJA (60’)
    Berdasarkan hasil diskusi lokakarya 2, gali informasi dan berikan penguatan terkait kertelaksanaan BAGJA di sekolah CGP. Gunakan pertanyaan pematik berikut ini:
    • Apakah Bapak/Ibu telah menerapkan metode BAGJA untuk merencanakan perubahan pada diri Bapak/Ibu?
    • Setelah Bapak/Ibu melakukan tahapan BAGJA apakah memperoleh hasil sesuai dengan visi guru penggerak yang Bapak/Ibu inginkan?
    • Apakah tantangan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menerapkan tahapan BAGJA untuk mencapai visi?
    • Apa yang perlu Bapak/Ibu perbaiki ke depannya terkait dengan pelaksanaan tahapan BAGJA untuk perubahan diri bapak/ibu sehingga bisa mencapai visi yang telah dirumuskan?

 

Bagian akhir pendampingan (15’)

  1. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini:
    • Apa hal paling menarik yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah proses kegiatan pendampingan hari ini? Apa yang membuat hal tersebut menarik menurut Bapak/ Ibu?
    • Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping di kegiatan pendampingan berikutnya?
  2. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring.
  3. Sebelum pelaksanaan Pendampingan Individu 4, tugas yang harus disiapkan oleh CGP adalah:
    • CGP menyusun RPP dengan unsur diferensiasi, kompetensi sosial emosional, dan budaya positif (sepakati batas waktu pengerjaan RPP dengan CGP).
    • RPP yang telah disusun CGP dikirimkan kepada PP untuk diberikan umpan balik, kemudian diserahkan kembali ke CGP untuk dilakukan perbaikan.
    • Penetapan Jadwal pelaksanaan observasi pembelajaran dengan CGP (observasi pembelajaran dilaksanakan minimal 2 jam pelajaran dan mengikuti jadwal CGP atau jadwal yang disepakati bersama).
  4. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi di LMS.
Berikut ini daftar pertanyaan yang sudah kami susun dalam bentuk kolom,sehingga memudahkan PP dan CGP dalam menyusun pertanyaan dan menjawab pertanyaan.Pada Pendampingan Individu 3 ini fokus pada :
  • Refleksi hasil survei (umpan balik 3600) dan asesmen mandiri tentang kompetensi guru penggerak (45’)
  • Rencana penerapan pembelajaran sosial-emosional (45’)
  • Keterlaksanaan tahapan BAGJA (60’)

Berikut ini kami bagikan contoh jawaban terkait dengan pertanyaan saat kegiatan Pendampingan Individu ke 3 Program Guru Penggerak.Saat kegiatan PI Pengajar Praktik akan memandu kegiatan Pendampingan dengan mengajukan beberapa pertanyaan sesuai dengan pedoman saat pendampingan.

Silahkan unduh jawaban terkait dengan pertanyaan saat kegiatan Pendampingan Individu ke 3 Program Guru Penggerak melalui link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

atau

Demikian materi seputar jawaban terkait dengan pertanyaan saat kegiatan Pendampingan Individu ke 3 Program Guru Penggerak yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jawaban Pertanyaan Pendampingan Individu 3 Guru Penggerak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel